1. Menguasai
karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional,
dan intelektual.
1.1
Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek
fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang
sosial- budaya.
1.2
Mengidentifikasi potensi peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata
pelajaran
SD/MI.
1.3
Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata
pelajaran SD/MI.
1.4
Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata
pelajaran SD/MI.
2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
2.1
Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
terkait dengan lima mata pelajaran SD/MI.
2.2
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang
mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran
SD/MI.
2.3
Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal
SD/MI.
3. Mengembangkan kurikulum yang terkait
dengan matapelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
3.1.
Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
3.2.Menentukan
tujuan lima mata pelajaran SD/MI.
3.3
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata
pelajaran SD/MI
3.4
Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang terkait dengan pengalaman belajar
dan tujuan pembelajaran.
3.5
Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik usia
SD/MI.
3.6
Mengembangkan indikator dan instrumenpenilaian.
4. Menyelenggarakan pembelajaran yang
mendidik.
4.1
Memahami prinsip-prinsip perancanganpembelajaran yang mendidik.
4.2
Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran.
4.3
Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
4.4
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan.
4.5
Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan
pembelajaran secara utuh.
4.6
Mengambil keputusan transaksional dalam lima mata pelajaran SD/MI sesuai dengan
situasi yang berkembang.
5. Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
5.1
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
6. Memfasilitasi pengembangan potensi
peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
6.1
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal.
6.2
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi
peserta didik, termasuk kreativitasnya.
7. Berkomunikasi secara efektif, empatik,
dan santun dengan peserta didik.
7.1
Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun, baik
secara lisan maupun tulisan.
7.2
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran
yang terbangun secaraMsiklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta
didik, (b) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta
didik untuk merespons, (c) respons peserta didik,
(d)
reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya.
8. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar.
8.1
Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai
dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI.
8.2
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan
dievaluasi sesuai dengan karakteristik
lima mata pelajaran SD/MI.
8.3
Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
8.4
Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
8.5
Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan
dengan mengunakan berbagai instrumen.
8.6
Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan.
8.7
Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.
9. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi
untuk kepentingan pembelajaran.
9.1
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan
belajar.
9.2
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program
remedial dan pengayaan.
9.3
Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan.
9.4
Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran.
10. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan
kualitaspembelajaran.
10.1.Melakukan
refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
10.
2 Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan lima mata
pelajaran SD/MI.
10.3
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaranlimamata pelajaran SD/MI.
2. Kompetensi Kepribadian
11. Bertindak sesuai dengan norma agama,
hukum, sosial, dankebudayaan asional Indonesia.
11.1
Menghargai peserta didik tanpamembedakan keyakinan yang dianut, suku, adat- istiadat, daerah asal, dan gender.
11.2
Bersikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang
berlaku
dalam masyarakat, sertakebudayaan nasional Indonesia yangberagam.
12. Menampilkan diri sebagai pribadi yang
jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
12.1.Berperilaku
jujur, tegas, dan manusiawi.
12.2.Berperilaku
yang mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia.
12.3.Berperilaku
yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.
13. Menampilkan diri sebagai pribadi yang
mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
13.1.
Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil.
13.2
Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa.
14. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab
yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.
14.1.
Menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.
14.2
Bangga menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.
14.3
Bekerja mandiri secara profesional.
15. Menjunjung tinggi kode etik profesi
guru.
15.1.
Memahami kode etik profesi guru
15.2.Menerapkan
kode etik profesi guru.
15.3
Berperilaku sesuai dengan kode etik guru.
3. Kompetensi Sosial
16. Bersikap inklusif, bertindak objektif,
serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras,
kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
16.1.
Bersikap inklusif dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran
16.2.Tidak
bersikap diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta
didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar
belakang keluarga, dan status sosial-ekonomi.
17. Berkomunikasi secara efektif, empatik,
dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
17.1.
Berkomunikasi dengan teman sejawat dan
komunitas
ilmiah lainnya secara santun,
empatik
dan efektif.
17.2.Berkomunikasi
dengan orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan
efektif tentang program pembelajaran dan kemajuan peserta didik.
17.3
Mengikutsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran
dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik.
18. Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh
wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya.
18.1
Beradaptasi dengan lingkungan tempat bekerja dalam rangka meningkatkan efektivitas
sebagai pendidik, termasuk memahami bahasa daerah setempat.
18.2
Melaksanakan berbagai program dalam lingkungan kerja untuk mengembangkan dan
meningkatkan kualitas pendidikan di daerah yang bersangkutan.
19. Berkomunikasi dengan komunitas profesi
sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.
19.1
Berkomunikasi dengan teman sejawat, profesi ilmiah, dan komunitas ilmiah
lainnya
melalui
berbagai media dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.
19.2
Mengkomunikasikan hasil-hasil inovasi pembelajaran kepada komunitas profesi sendiri
secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.
4. Kompetensi Profesional
20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Bahasa
Indonesia
20.1.
Memahami hakikat bahasa danpemerolehan bahasa.
20.2.
Memahami kedudukan, fungsi, dan ragambahasa Indonesia.
20.3.Menguasai
dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
20.4
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
20.5
Memahami teori dan genre sastra Indonesia.
20.6
Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif.
Matematika
20.7.Menguasai
pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya
dalam
konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika,
dan logika matematika.
20.8
Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal untuk menyelesaikan
masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata.
20.9
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya
dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
20.10
Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, dan piranti lunak komputer.
IPA
20.11.Mampu
melakukan observasi gejala alam baik secara langsung maupun tidak langsung.
20.12
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu pengetahuan alam dalam
berbagai
situasi kehidupan sehari-hari.
20.13
Memahami struktur ilmu pengetahuan alam, termasuk hubungan fungsional antarkonsep,
yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.
IPS
20.14.Menguasai
materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.
20.15
Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.
20.16
Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial
dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global.
20.17
Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan
global.
PKn
20.18.Menguasai
materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan
perilaku
yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn.
20.19
Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional
Indonesia,
semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara.
20.20
Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum
secara adil dan benar.
20.21
Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia
yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia.
21. Menguasai standar kompetensi dan
kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
21.1.
Memahami standar kompetensi lima mata pelajaran SD/MI
21.2Memahami
kompetensi dasar lima mata pelajaran SD/MI.
21.3
Memahami tujuan pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI.
22. Mengembangkan materi pembelajaran yang
diampu secara kreatif.
22.1
Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta didik.
22.2
Mengolah materi lima mata pelajaran SD/MI secara integratif dan kreatif sesuai
dengan tingkat perkembangan peserta didik.
23. Mengembangkan keprofesionalan secara
berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
23.1.
Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara\ terus menerus.
23.2.Memanfaatkan
hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.
23.3
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
23.4
Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.
24. Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
24.1.
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.
24.2
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri
Disarikan oleh: Atang Muttaqin
Pada: Silaturrahmi dan Pembinaan Guru Madrasah
POKJAWAS Kantor Kementrian Agama Kota Tasikmalaya Tahun 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar